26 May 2012

ane mau berbagi cara cepat menghafal Alquran sesuai dengan pengalaman ane dan dari referensi referensi yang sudah terbukti tentunya, cara menghafal ini cocok untuk orang yang sudah berumur sekalipun, kenapa kita harus menghafal dan memahami alquran gan ? karena banyak manfaatnya gan, silahkan share aja bagi teman teman yang merasakan mafaat dari mempunyai dan memahami alquran inilah agan agan cara menghafal alquran yang baik dan cepat insya Allah satu: menghafal dari surat surat pendek dan mudah, yaitu dari juz 30-29-28 dan seterusnya. sebelum menghafal baca dan fahami terjemahanya dulu gan, hal ini untuk memperkuat hafalan kita dimasa mendatang. kemudian tentukan target hafalan perharinya, sedikit tapi istiqamah (terus menerus), misalkan perharinya setengah halaman, 1 halaman or berapapun, yang penting istiqamah gan. teori ini ane udah praktekin waktu dipondok dulu, dan alhamdulillah berhasil gan dua: one day one ayat gan, 1 hari satu ayat. kalo agan ga cocok dengan teori pertama, agan dan aganwati bisa mencoba teori satu ini dengan menghafal alquran 1 hari 1 ayat insya allah dalam waktu kurang lebih 4 tahun sudah bisa menghafal alquran sebanyak 30 juz Tiga: Waktu terbaik menghafalkan alquran adalah ketika sepertiga malam gan, kira kira jam 2- jam 6 pagi, karena otak kita sedang fresh freshnya, pengalaman ane dulu kalo menghafal setengah jam sebelum subuh, dalam setengah jam ane tiap hari biasanya dapet setengah halaman . empat: Menghafal itu mudah gan, setelah menghafal ulanglah hafalan tersebut minimal 40 kali hari itu juga, untuk kelancaran dan kekuatan hafalan kita dimasa mendatang, dulu juz yang sering ane ulang ulang juz 30, sampe skrang alhamdulillah meskipun jarang diulang tetap masih lancar insya allah Lima: Untuk menjaga hafalan kita tetap eksis, lakukanlah murajaah(pengulangan hafalan) setiap hari dengan teratur, kalo dulu ane 2 juz perhari untuk murajaah. dan tentunya gan salah satu yang menyebabkan kemampuan ingata alquran kita berkurang adalah maksiat, so harus dihindari. karena maksiat juga mempengaruhi daya kosentrasi dan daya ingat otak gan Enam: Niat menghafal karena Allah swt gan, inilah yang paling penting, niatkan diri kita menghafal alquran ini semata mata karena Allah swt, bukan karena yang lainya. sumber

0 komentar:

Popular Posts