21 February 2013

Mental bisa dikatakan kondisi pikiran kita, kondisi pikiran yang stabil membuat mental stabil demikian juga kondisi pikiran yang tidak stabil membuat mental tidak stabil. Kondisi pikiran sendiri dipengaruhi oleh persepsi yang kita miliki terhadap suatu hal, benda atau peristiwa.
Dibutuhkan kerja keras untuk membangun kondisi Mental Pembicara Kelas Dunia dalam diri kita. Hal ini terjadi karena kondisi mental seseorang yang kurang siap ketika tampil berbicara didepan umum. Bisa saja seseorang kurang percaya diri ataupun kelewat percaya diri sehingga tidak memperdulikan yang lain, keduanya merupakan kondisi yang mental (sebagai pembicara) yang kurang stabil. Kurang stabil disini bukan berarti seperti orang gila, kurang waras, atau stress. Mental yang kurang stabil sebagai pembicara lebih ditujukan pada seseorang yang kurang dapat menguasai keadaan dan mengerti lingkungannya saat berbicara didepan umum. Contohnya adalah seperti gemetaran, mulas, mual, pusing, keringat dingin, takut, minder, malu.
Andi adalah seorang marketing yang saat melakukan presentasi selalu gemetaran. Setelah ditelusuri lebih lanjut, Andi ketika duduk di Sekolah Dasar sering sekali disalahkan dan dibentak-bentak ketika melakukan kesalahan didepan kelas. Kejadian tersebut diperparah dengan makian dari orang tuanya yang mengetahui anaknya melakukan kesalahan saat bicara didepan kelas. Karena beberapa kali menerima perlakuan tersebut, maka Andi sejak saat itu menganggap bahwa berbicara didepan banyak orang dapat menyebabkan dirinya dibentak, saat melakukan kesalahan. Dengan kata lain, Andi memiliki persepsi yang buruk mengenai resiko dari berbicara di depan banyak orang.
Persepsi Andi yang tidak mendukung masih terus dibawanya ketika dewasa hingga dalam lingkungan kerja. Persepsi tersebut membuat kondisi mentalnya sedikit rapuh ketika mencoba melakukan presentasi, sebagai bagian dari pekerjaannya. Persepsi yang dimiliki Andi selalu muncul begitu saja tanpa pernah bisa dikontrol saat presentasi, sehingga karirmya terhambat.
Seorang atlet juara marathon akan berusaha sekuat tenaga untuk menjadi pemenang! Untuk memiliki Mental Pembicara Kelas Dunia, perlu melakukan lebih dari itu. Anda perlu untuk menjadi lebih dari sekedar pemenang! Berikutnya adalah "action" yang perlu dilakukan untuk jadi "Lebih dari Pemenang"
  1. Berani ambil keputusan untuk memaafkan semua kejadian masa lalu yang tidak menyenangkan dan setiap orang yang terlibat didalamnya.
  2. Membangun sikap mental siap tersenyum dalam segala kondisi, saat presentasi
  3. Berani mencintai audiens kita, apapun latar belakang mereka
  4. Siap menghadapi dan menerima kesalahan sendiri, sebagai bagian dari pembelajaran
  5. Berani memberikan yang terbaik untuk audiens atau klien
  6. Siap menguasai hal-hal baru dan siap beradaptasi
  7. Memiliki Impian
Sukses untuk anda!

0 komentar:

Popular Posts