11 March 2010


Mensubmit URL blog kita ke search engine, misalnya ke www.google.com/addurl, memang saat ini menjadi pertanyaan: perlu atau tidak. Beberapa blogger mengatakan submit URL ke search engine sudah tidak lagi efektif. Katanya, lebih gampang ngeblog pakai WordPress, lalu tinggal nge-ping setiap kali selesai publish post. Saya setuju kalimat terakhir ini. Tapi submit ke search engine juga tidak salah karena akan meningkatkan searchability blog kita. Google webmaster guideline sendiri menyarankan hal ini.

Online kemarin malam, saya menemukan situs penyedia jasa submit URL blog / web ke 20 search engine atau web directory, FreeWebSubmission.com. Layanan mereka FREE. Mumpung ketemu dan tidak mau kehilangan gratisan, saya langsung ikutan men-submit blog belajar wordpress ini. Cuma 20 menit.
Submit blog dengan Free Web Submission otomatis ke 20 search engine

Berikut ini adalah tahapan yang saya lakukan. Silahkan kalau mau dicoba..

1. Di homepage freewebsubmission.com, terletak di bagian bawah, terdapat form free autosubmitter.


# Pada Website URL, masukkan domain blog anda.
# Isikan email anda pada Email Address.
# Check I have read and agree to the terms. Pastikan anda telah membaca TOS Free web Submission dengan mengikuti link pada terms.
# Klik Submit Your Site. Sesaat setelah ini, blog / web anda memulai proses untuk submisi agar terindex pada 20 search engine yang ada pada list. FREE!
# Pengalaman saya kemarin, URL kita tidak langsung diproses setelah kita klik Submit Your Site. Anda akan dinotifikasi bahwa FreeWebSubmission telah mengirim email ke anda dan anda diminta untuk melakukan verifikasi. Jadi, cek inbox anda dan segera verifikasi.
# Setelah itu, submit blog anda sekali lagi. Lakukan proses yang sama pada tahap ke-2 sampai tahap ke-5. Tidak lama, blog anda akan segera disubmit ke 20 search engine.



7.

Proses submit URL blog saya gagal ke 2 search engine. Ketika saya klik Details, ternyata search engine Abacho sudah unavailable dan, satu lagi, blog saya sudah terindex di Entireweb.com.
8. Beberapa search engine di atas akan mengirim email verifikasi ketika proses submit blog anda dimulai. Jadi, cek kembali inbox email anda dan lakukan verifikasi.

Catatan :

1. Jika submission anda gagal, bisa jadi karena server search engine terlalu sibuk sehingga dia harus menunda submission URL blog anda. Coba submit kembali hari berikutnya.
2. Tidak ada jaminan bahwa blog yang kita submit akan terindex dalam waktu dekat. Semuanya tergantung pada search engine. Bisa dalam satu hari, atau malah beberapa bulan. :)
3. Disarankan kita men-submit ulang URL blog kita secara berkala. Tidak boleh terlalu sering karena akan dianggap spam. Idealnya, satu kali setiap bulan.

Submit manual ke 50 search engine. Free!

FreeWebSubmission juga menyediakan daftar 50 search engine dan directory yang menyediakan indexing blog / web dengan cuma-cuma. Lumayan lah buat meningkatkan kinerja SEO blog kita. Saya sendiri belum mencobanya, jadi belum bisa sharing di sini. Tapi saya pikir, prosesnya pasti hampir sama dengan tahapan di atas. Saya akan coba nanti. Cuma karena harus manual, ya kayaknya sedikit lebih lama.

Inilah screenshot daftar 50 free search engine, termasuk Alexa Rank dan Google PR-nya, yang bisa anda gunakan untuk mendaftarkan blog anda secara manual di FreeWebSubmission.


Nah, dalam waktu 2 minggu atau bahkan lebih.. maka URL Nama Blog anda akan terindeksi oleh 50 free search engine. jadi sabar ya..

0 komentar:

Popular Posts