30 April 2012



I. Orang yang sukses selalu Berfikir Positif (Al-Insyirah: 5-6)
Hukum Murphy :
• Segala sesuatu tidak semudah yang anda lihat
• Segala sesuatu berlangsung lebih lama dari yang diduga
• Segala sesuatu pasti ada kemungkinan untuk gagal
Hukum Maxwell :
• Segala sesuatu tidaklah sesulit yang kita lihat
• Segala sesuatu lebih menguntungkan dari pada yang anda duga
• Segala sesuatu pasti ada kemungkinan untuk berhasil
Salah satu ciri orang yang bersyukur selalu berfikir positif atas apa yang terjadi (husnudzhan).
6 Langkah Meningkatkan Kemampuan Berfikir Positif
• Bertindak, berbicara dan befikirlah seperti orang yang sangat anda kagumi
• Tanamkan selalu pikiran-pikiran positif dan sukses dalam pikiran anda. (memanggil memori sukses).
• Pancarkan sikap yang positif dan Percaya diri.
• Perlakukan orang lain sebagai orang yang paling penting, dibutuhkan dan dihargai (karena kita mendapatkan dari apa yang kita berikan).
• Sabar dengan kesulitan dan hinaan orang lain.
• Jadilah orang yang dermawan (Pemberi).

Strategi Sukses
1. Buat kutipan kalimat yang bernada positif
2. Ubah pandangan negatif kepada seseorang menjadi pandangan positif
3. Hapus kata-kata negatif dari pikiran kita
4. Mulailah menghargai orang yang kita anggap remeh
5. Carilah kesempatan untuk bisa memberi
II. Orang yang sukses pandai Mengatasi Kegagalan
90 % orang yang merasa gagal sebetulnya belum tentu gagal hanya saja mereka cepat menyerah….
Hal-hal yang menyebabkan orang taku akan kegagalan:
• Takut dikritik
• Takut mengambil resiko (No Risk, No Gain)
• Takut hilang kepercayaan diri (No Try, No Success)
• Takut tidak dapat kesempatan lagi
Strategi Mengatasi Kegagalan
• Evaluasi penyebabnya dan jangan terperosk ke lubang yang sama
• Bertanya kepada orang yang telah berhasil keluar dari kegagalan dan sukses
• Baca biografi orang-orang besar dan tulis sifat kebiasaan mereka
III. Orang sukses memiliki Visi
Visi adalah kemampuan melihat sesuatu yang sebenarnya belum tampak nyata. Untuk menasah Visi dibutuhkan kepekaan Mental dan kekuatan daya Imajinasi
Strategi Menyusun Visi
Sempatkan untuk bertafakur:
• Apa kelebihan / bakat yang telah Allah berikan kepada kita ?
• Apa keinginan dan harapan-harapan kita ?
• Apa keunikan yang kita miliki ?
• Kebutuhan-kebutuhan apa saja yang kita harapkan dapat terpenuhi ?
IV. Orang sukses menentukan Target
Target dapat memotivasi dan memberi kekuatan kepada kita untuk mencapai Tujuan.
Contoh Nyata:
Tanggal 4 Juli 1952 California sedang diliputi kabut pagi. 21 Mil ke barat pulau Catalina seorang wanita berumur 34 tahun mengarungi lautan pasifik dan mulai berenang menyebrangi California. Jika dia berhasil, ia akan menjadi wanita pertama yang berhasil melakukannya. Wanita tegar ini bernama Florence Chadwick. Sebelumnya dia telah berhasil menjadi wanita pertama yang menyebrangi selat Inggris pulang pergi dengan berenang.
Pagi hari itu airnya sangat dingin dan berkabut sangat tebal sehingga membuatnya hampir tidak dapat melihat perahu-perahu yang mengiringinya. Sementara ia berenang ribuan orang menyaksikannya melalui televisi. Yang menjadi masalah dalam penyebrangan ini bukanlah kelelahan tetapi air yang dinginnya menusuk sampai ke tulang.
Setelah 15 jam berenang ia merasa lelah dan kedinginan dan ia lalu memutuskan untuk berhenti saja dan meminta untuk diangkat dari air. Ibu dan pelatihnya mengatakan bahwa ia hampir sampai. Mereka terus memberi semangat agar ia jangan menyerah. Tetapi ketika ia mencoba melihat kedepan pantai California ia tidak dapat melihat apa-apa karena kabut yang sangat tebal.
Tidak lama kemudian tepatnya 15 jam dan 55 menit ia diangkat dari air. Sejam kemudian tubuhnya kembali menjadi hangat, ia mulai merasakan kekecewaan atas kegagalannya. Ia melontarkan kekecewaannya "Saya menyesal pada diri saya sendiri, andaikan saja pada saat itu saya bisa melihat daratan, pasti saya berhasil".
Bagaimana tidak kecewa? Ia diangkat dari air hanya 2 km saja dari pantai California!!!! Kemudian ia menjelaskan bahwa bukanlah karenakelelahan dan kedinginan yang menyebabkan ia menyerah, tetapi ketidakmampuannya untuk melihat TARGET yang tertutup kabut.
V. Orang Sukses Mereka Dapat Mengatur Waktu!!
Waktu sama Isi harus beda.
Jangan ada waktu yang digunakna untuk sia-sia.
Buat perencanan Berkala untuk memanfaatkan waktu.
Gunakan skala prioritas penggunaan waktu.
Hasil survai tentang penggunaan waktu oleh orang yang berusia rata-rata 70 tahun sbb:
• 21 tahun untuk tidur
• 14 tahun untuk bekerja
• 7 tahun untuk kegiatan yang berhubungan dengan kesehata
• 6 tahun untuk makan
• 6 tahun untuk melakukan perjalanan
• 5 tahun untuk menunggu giliran
• 4 tahun untuk belajar
• 3 tahun untuk menghadiri pertemuan
• 2 tahun untuk menjawab telepon
• 1 tahun untuk mencari barang yang hilang
• 2 tahun untuk kegiatan-kegiatan lainnya
Maka bila kita mentargetkan untuk mencapai keberhasilan selama masa kerja kita, kita hanya memiliki waktu 20 % dari usia kita yang sampai 70 tahun.
Strategi Sukses
Apa yang akan sangat menguntungkan saya ?
Apa yang paling memberikan imbalan bagi saya ?
Hasil suvai yang dilakukan oleh National Retail Dry Goods Association di Amerika Mengungkapkan :
• 48 % wiraniaga hanya melakukan 1 kali kontak lalu memutuskan hubungan
• 25 % hanya melakukan 2 kali kontak lalu memutuskan hubungan
• 15 % hanya melakukan 3 kali kontak dan memutuskan hubungan
• 12 % melakukan 3 kali kontak dan melanjutkan hubungan
maka 80% penjualan dihasilkan oleh jenis wiraniaga terakhir ini.
Berikut ini adalah gambaran nyata yang amat menarik mengenai keberanian, kegigihan dan ketekunan seorang tokoh besar
Gagal dalam bisnis 22
Kalah mendapatkan kursi di legislatif 23
Gagal lagi dalam bisnis 24
Terpilih menjadi dewan legislatif 25
Ditinggal mati istri tercinta 26
Frustasi 27
Kalah dalam meraih posisi juru bicara 29
Kalah dalam meraih posisi juri 31
Kalah dalam pemilihan anggota kongres 34
Terpilih menjadi anggota kongres 39
Kalah dalam pemilihan senator 46
Kalah dalam pemilihan wakil presiden 47
Kalah suara lagi dalam pemilihan senator 49
Terpilih menjadi presiden amerika serikat 51
Tokoh tersebut adalah tidak lain dari presiden abraham lincoln yang dikenal sebagai presiden amerika yang paling berpengaruh






Temukan 5 anak muda yang sangat inovativ dan memimpin bisnis kecil di dunia saat ini, yang dipilih oleh pembaca online BusinessWeek.....
ketika mempertimbangkan suatu hal negatif, entrepreneurialism kini bersinonim dengan kesempatan. Berikut cerita mereka sendiri, usahawan adalah mereka yang paling dinamis dan inovatif dalam mengisi ekonomi. Mereka merencanakan gagasan dan memelihara konsep yang mengubah pandangan mengenai bisnis. Dan, hari ini, usahawan tidak lagi post-corporate. Mereka adalah anak-anak muda yang baru saja memulai dengan sesuatu yang baru.
Dengan kelebihan dalam memimpin bisnis kecil yang baru menghasilkan para pengusaha muda, Businessweek Online memulainya pada bulan September mencari di seluruh dunia untuk mengetahui "Usahawan Yang terbaik Di bawah 25 tahun" Kita mencari bisnis yang benar-benar inovatif yang menggambarkan suatu usaha yang berpotensi untuk berkembang dan dibangun dari bakat berupa akal, Singkatnya kita mencari cerita sukses dari generasi baru.
________________________________________
No. 1: Mark Zuckerberg
Pendiri Facebook
www.facebook.com
Palo Alto, Calif.
Didirikan : 2004
Umur : 21

Kadang-Kadang gagasan yang paling sederhana adalah gagasan yang paling tidak mungkin. Zuckerberg meluncurkan social-networking startup nya yang luarbiasa, Facebook, Seorang mahasiswa di Harvard ini, berpikir liga Sekolah saat ini membutuhkan suatu perpustakaan siswa online. Sejak mendirikannya Zuckerberg telah mendapatkan lebih dari $ 13 juta dari dunia internet, Sepert halnya pendiri Paypal, Petrus Thiel dan Accel Mitra.
Peraih suara terbanyak pada pemilihan Online di businessweek ini sudah berada di bisnis ini sejak bulan februari tahun 2004 akan tetapi saat ini Facebokk telah memiliki 6 juta pengguna yang terdaftar, dan dua per tiga dari jumlah tersebut mengunjungi situs tersebut setiap harinya. Berikutnya: Akan diluncurkan Facebook versi anak SMA dan jika melihat konsepnya situs ini akan berkembang memasuki pasar internasional.
________________________________________
Pembersih lingkungan yang murah
No. 2: Nancy Montano
Los Angeles Pumping
Mira Loma, Calif.
Didirikan: 2004
Umur: 22

Lulusan perguruan tinggi yang baru berumur 22 tahun, Montano Melaunching Los Angeles Pumping, Usaha untuk memindahkan sampah suatu perusahaan, setelah lulus dari Universitas California, Riverside. Bekerja sama dengan ayahnya Conrad, Montano mengendarai perusahaan nya menjadi suatu perusahaan pemindah sampah industri yang sangat kompetitif, di mana perusahaan besar menetapkan harga tinggi untuk menggunakan jasanya.
Gairah nya tidak berkurang, Pendapatan Los Angeles Pumping's meningkat dari $25.000 menjadi $125.000 dalam jangka waktu setahun. Dan memasuki tahun keduanya Montano mengharapkan bisa mencapai penjualan menjadi $1 juta.
________________________________________
Sophie's Choice Quotes
No. 3: Joanna Alberti
philoSophie's
www.sophiesphilosophies.com
Boston
Didirikan: 2005
Umur: 24

Seorang lulusan Universitas Boston tahun 2003, Joanna Alberti menggambar karikatur pertamanya Sophie, suatu trademark yang sangat percaya diri, dengan karakter yang sukses, Ketika bekerja di jasa periklanan di Boston. Dan pada bulan Februari tahun 2005, dia mulai secara formal menyebar " Tao Sophie" melalui greeting-card bisnis kecil nya, philoSophie's, yang diluncurkan di bulan mei
PhiloSophie merupakan gambaran dari seorang wanita bernama Sophie . Alberti menggambar karakter dan tulisannya dalam " tanda kutip." Satu contoh: " Suatu cangkir kopi dan keyakinan diri yang kuat dapat membawa mu melalui pagi itu" Sophie mengilhami keberanian bagi para pendengarnya, Seperti halnya karakter dari Alberti yang kuat dan mandiri.
________________________________________
Telepon serius dari anak muda
No. 4: David Hauser and Siamak Taghaddos
GotVMail Communications
www.gotvmail.com
Newton, Mass.
Didirikan: 2003
Umur: 23 (Hauser) and 24 (Taghaddos)

Hauser dan Taghaddos masing-masing memulai bisnis pertama mereka ketika masih di sekolah menengah dan kemudian bertemu saat kuliah di Babson. " Kita pergi ke suatu perguruan tinggi yang dikenal untuk pengusaha, dan kita mencatat bahwa banyak orang-orang yang kita kenal frustasi dengan sistem telepon yang mahal, yang mana sebenarnya dapat diperoleh dengan biaya $ 10,000," kata Taghaddos.
Maka Hauser dan Taghaddos mengajak teman-temannya untuk mengumpulkan dana dan meluncurkan CotVMail. Perusahaan menawarkan kepada pemilik small-biz suatu cara agar nampak sama profesional seperti halnya perusahaan-perusahaan besar. Jasa mulai dari $10 per bulan dan menawarkan bidang pilihan, mencakup berbagai voice-mail, panggilan dan email yang disampaikan dalam bentuk pesan ketelepon MP3. Gotvmail telah menjadi perusahaan yang sangat menguntungkan sejak bulan keduannya, dan pendapatan tahunannya saat ini $5 juta.
________________________________________
Fountain of Youthful Creativity
No. 5: Anand Chhatpar
BrainReactions
www.brainreactions.com
Madison, Wis.
Founded: 2004
Age: 24

Seperti halnya banyak usahawan, Anand Chhatpar mengusulkan gagasan untuk startup nya, Brainreactions, ketika masih mahasiswa. Chhatpar adalah seorang mahasiswa di Universitas Wisconsin, Madison. Setelah mempelajari mengenai riset etnografi dan membuat prototip yang memasuki Pitney Bowe's dengan konsep teknologi, Chhatpar pikir ia bisa menggunakan pengetahuan yang diperolehnya disana untuk menyadap ke dalam kreativitas pikiran anak muda. Ia meluncurkan Brainreactions, suatu tempat untuk 200 profesional brainstormers untuk menciptakan produksi baru menonjol, memasuki segmen pasar baru, dan mengembangkan peningkatan pelayanan pelanggan





”Hai Manusia sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, supaya kamu saling mengenal.” (QS. Al-Hujurat 49:13)


Itulah penggalan alquran yang sering diajarkan oleh kyai maupun ustadz kita, bahwa sesungguhnya manusia itu diciptakan berbeda. Dengan demikian, menurut ajaran Islam, meskipun manusia memiliki perbedaan-perbedaan budaya, bahasa, warna kulit, kepercayaan, dan sebagainya, sebenarnya mereka adalah satu umat. Al-Quran menyatakan:

”Sesungguhnya umatmu ini adalah umat yang satu dan Aku adalah Tuhanmu, maka sembahlah Aku.” (QS. Al-Anbiya 21:92).

Jadi , perspektif ”kesatuan umat manusia” memiliki akar yang kuat dalam ajaran Al-Quran. Perspektif itu selanjutnya berkembang menjadi ”solidaritas antarmanusia” (ukhuwwah insaniyyah atau ukhuwwah basyariyyah).
Akan tetapi kenapa semua tidak menjadi satu dalam islam? Perhatikan ayat dibawah ini.

” Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman segala orang yang di muka bumi. Maka apakah kamu (hendak) memaksakan manusia supaya menjadi orang –orang beriman semuanya?” (QS. Yunus 10:99).

Jika Allah sendiri bersikap amat toleran terhadap segenap manusia, maka manusia pun harus bersikap toleran terhadap sesamanya. Dari itu, Islam memandang pemaksaan agama kepada orang lain adalah sikap yang keliru.

”Tidak ada paksaan dalam menganut agama. Sesungguhnya telah jelas antara yang benar dan yang sesat.” (QS. Al-Baqarah 2:256).

Sudah jelaslah bahwa Allah membebaskan manusia untuk menentukan cara hidupnya sendiri. Apakah dia islam atau bukan itu merupakan kebebasan untuk setiap individu.
Dari itu, tugas rasul hanya menyampaikan seruan:

”Dan katakanlah kepada orang-orang yang diberi kitab dan kepada orang-orang yang ummi. Apakah kamu mau masuk Islam. Jika mereka masuk Islam, maka sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanya menyampaikan. Dan Allah Maha Melihat hamba-hambaNya.” (QS. Al-’Imran 3:20).

Intinya kita tidak diperbolehkan untuk memaksa seseorang untuk berubah keyakinan atau pandangannya, biarkan Allah yang menunjukan jalanNYa pada hambanya. Karena hal itu lebih tulus dan langsung dari hati hambanya. Sekian, semoga bermanfaat.

Popular Posts