01 July 2012

Bodoh.. Apa itu bodoh? Bodoh itu saya.. Saya bodoh.. (nah ribet kan).. Gak, maksud gue.. Bodoh itu adalah B O D O H.. Nah begitu lah pokoknya.. Gue sendiri pusing mengartikannya.. Yang gue tau, cuma penyebab dari kebodohan ... itu sendiri.. Kenapa seseorang bisa menjadi bodoh.. Padahal yang sebenernya itu, semua orang ga ada yang bodoh (itu kalo kata guru gue.. wkwk..) Kalo menurut gue ya.. Sebenernya emang bener apa kata guru gue itu.. Gak ada orang yang bodoh.. Yang ada cuma males.. Itu udah bener banget menurut gue.. Dan gue setuju abis sama pendapat itu.. Kenapa? Gue sempet mikir ya, ngerenung gitu.. Kenapa sih gue ampe ga bisa melakukan suatu hal? Padahal sebenernya semua orang bisa ngelakuin hal itu, kenapa gue gak termasuk dalam kategori “yang bisa” itu sendiri? Gue sadarin ternyata gue itu malaass! Emang sih gue males.. Hehe.. Dan yang gue perhatiin akhir2 ini.. Ternyata yang males itu bukan cuma gue.. Tapi banyak orang males dan disaat itulah gue baru ngerti apa yang di bilang sama guru gue itu.. Males adalah penyebab kebodohan.. Gak usah jauh2 deh mikirnya.. Gini aja.. Lo beli buku ato di kasih buku deh gitu.. Tapi lo males buat baca buku itu.. Yang lo lakuin cuma ngeliat2 gambarnya aja.. Boro deh di liat gambarnya, di sentuh juga kagak.. Nah, dengan begitu apa lo bisa ngerti apa sebenernya isi dari buku itu sendiri? I dont think so.. Contoh lain.. Lo pengen bisa ngelakuin suatu hal yang ada hubungannya dengan teknologi.. Misalnya aja nih ya, lo pengen bikin gambar vector deh.. Yang namanya belajar kan harus pelan2, bukan ujug2 langsung bisa.. Lo minta ajarin sana sini yang ada kan juga palingan dikasih tutorial aja.. Nah, kalo tutorial gak lo baca, apa bakal bisa ngegambar vector itu sendiri? Gue rasa ngga juga deh.. Contoh lebih gampang lagi deh.. Lo install Program biasa cuma next-next-next-Finish! Tapi pas ada trouble tengah jalan, lo cuma klik OK, atau YES tanpa baca error message atau pesan error itu sendiri.. Setelah lo klik OK atau YES itu, lo juga gak tau kan itu program bisa jalan apa ngga, ya misalnya error juga lo gak tau kan errornya di mana.. Paham maksud gue? Coba lo baca error messagenya.. Pasti lo tau kesalahannya ada di mana.. Secara, si pembuat program atau PC itu sendiri pasti ngasih tau ada error di mananya kan.. Gak mungkin tiba2 error tapi malah ga di kasih tau errornya di mana.. Huahaha.. Oke, sekarang udah tau penyebabnya di mana.. Yaitu malas.. Bukan cuma males buat baca.. Males yang lain juga termasuk.. Sebenernya kenapa sih orang itu males baca? Jujur ya, kalo gue ditanya kayak gitu, gue jawab “Soalnya panjang..” Hahaha.. Iya, gue kalo ngeliat suatu buku yang 1 halaman isinya tulisan semua dan rapet2 itu gue males buat bacanya.. Kecuali kalo itu emang buku referensi yang gue butuhin.. Itu udah lain hal deh.. Gue bisa ambil kesimpulan kayak gini bukan karena gue cuma merhatiin orang2 di sekeliling gue aja.. Tapi gue juga salah satu dari orang2 yang masuk ke dalam kategori Bodoh.. Terlahir sebagai orang yang bodoh itu mungkin emang udah kehendak yang di atas.. Tapi kalo seumur idup jadi orang bodoh, itu resiko orang itu masing2.. Sekarang kalo udah tau dy adalah orang yang bodoh dan malah gak mau belajar, ya berarti dy siap tanggung resiko jadi orang yang bodoh seumur hidup.. Tapi, kalo dy sadar kalo dirinya bodoh dan dy mau memperbaiki jalan hidupnya dengan cara mempelajari hal2 yang tidak ia kuasai, itu adalah orang yang terbaik kalo menurut gue.. Dia mau memperbaiki masa depannya demi dirinya dan keluarganya nanti..

0 komentar:

Popular Posts