21 May 2013

Pernahkah anda melihat suatu animasi mungkin dalam benak anda berkata bagaimana cara membuat gambar animasi atau pernahkah anda melihat kartun yang setiap hari ditayangkan di televisi? salah satu aplikasi pembuat animasi dan kartun tersebut adalah Macromedia Flash. Pada pembahasan kali ini saya akan sedikit menerangkan tentang basic dari Flash

Tutorial Flash Animasi
Sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya anda kenali dulu dasar-dasar FLASH

Di bawah ini merupakan window dari Flash MX
layout flash
Di bawah ini merupakan keterangan dari kegunaan masing-masing komponen Flash MX secara detail:

- Timeline, digunakan untuk mengatur dan mengontrol isi keseluruhan movie Anda.

- Stage, merupakan tempat dimana Anda bekerja dalam membuat sebuah animasi.

- Tools Box, berisi alat-alat yang digunakan untuk menggambar objek pada stage.

- Color Window, merupakan window yang digunakan untuk mengatur warna pada objek yang Anda buat.

- Actions – Frame, merupakan window yang digunakan untuk menuliskan Action Script untuk Flash MX.
Biasanya Action Script digunakan untuk mengendalikan objek yang Anda buat sesuai dengan keinginan Anda.

- Properties, merupakan window yang digunakan untuk mengatur property dari objek yang Anda buat.

- Components, digunakan untuk menambahkan objek untuk web application yang nantinya di publish ke internet.

OK sampai ketemu di tutorial Multimedia Selanjutnya... "Export Animasi". Terima kasih, Semoga bermanfaat
Dalam dunia tehnik dan grafis ada beberapa hal yang telah dibakukan sehingga menjadi standar internasional, diantaranya adalah standar ukuran kertas dan ukuran skala dan dalam autocad sangat diperlukan...

Dalam menggambar teknik ada beberapa ketentuan yang tidak boleh dilanggar

Gambar layout kertas

Standart Kertas A0, A1, A2, A3, A4



Skala yang dianjurkan

Seperti halnya menggambar manual maka kita lakukan adalah melakukan penskalaan...
Semoga bermanfaat...
Suatu karya berupa gambar 3D maupun animasi 3d akan lebih indah dan menarik apabila memiliki Background didalamnya sehingga akan membuat gambar atau animasi tersebut menjadi lebih hidup dan nyata.

Bagaimana membuat Background, menambahkan background, berikut panduan langkah-langkah memberikan background:

1. Buka salah satu file 3ds max yang Anda miliki. Misalkan saya memiliki gambar sebuah pemandangan digurun.

Gambar 01 . Hasil Render gambar tanpa background.

2. Selanjutnya klik Menu Rendering > Environment. Akan terbuka jendela Environment & Effects.


3. Di rollout Common Parameters, pada kategori Background, klik tulisan None pada Environment Map, kemudian akan terbuka jendela Material/Map Browser dan Anda klik ganda pada pilihan Bitmap.


4. Anda cari gambar Image yang Anda inginkan, lalu klik tombol Open. Maka gambar tersebut akan langsung menjadi gambar Background di Scene 3D Anda. Tutup jendela Environment & Effects.

Gambar 02. Contoh image bitmap yang diambil sebagai latar background.


Gambar 03. Pemberian image bitmap.


5. Aktifkan Viewport Perspective dan Anda Render (Rendering>Render>Render).

Gambar 04. Hasil Render pemberian Background.

Selamat mencoba.

Popular Posts